Dan Honda PCX150 Mendapatkan Saingan Sepadan !!

d-motobikes – Guys, beberapa waktu ini dunia otomotif roda dua lagi hangat hangat nya membahas tentang kemunculan dari premium skutik dari Yamaha yang diperkenalkan pada saat Gathering Dealer seluruh Indonesia dengan nama Yamaha NMax.. Yang dimana sebelumnya masyarakat roda dua Indonesia lagi seru serunya ngebahasan tentang launching 2 motor skutik baru Honda yaitu Honda Vario 150 esp dan Vario 125 esp..

Sebetulnya Yamaha NMax sendiri sudah termonitor cukup lama di Indonesia. Premium skutik dengan kubikasi 155cc ini memang diplot sebagai lawan yang sepadan untuk Honda PCX150. Hal ini sudah diberitakan jauh jauh hari oleh Senior Blogger Otomotif Kang Haji Taufik dan Mas Iwan yang menyatakan bahwa Yamaha akan ikut serta bersaing di kelas premium skutik setelah Yamaha membawa Maxi Skutik Sport mereka Yamaha TMax 530cc ke Indonesia sebagai salah satu varian Moge yang mereka Pasarkan.

Selama ini Honda seperti bermain sendiri di kelas skutik 150cc melalui Honda PCX150 dimana saingan hanya dari Piaggio dan Minerva melalui Minerva GTR170. Namun secara kelas tentu berbeda dimana Piaggio merupakan fashion skutik dari Eropa yang memiliki pasarnya sendiri sedangkan Minerva GTR sendiri jarang diketahui oleh publik. Sehingga Honda seperti bermain sendiri dan memiliki Blue Ocean nya sendiri. Dan nampaknya Yamaha sangat tertarik pada segmentasi ini.

Yamaha T-Max 530

Hal ini dinilai wajar karena pada segmentasi yang sangat terbatas ini, Pabrikan dapat mengangkat image motor dibawahnya melalui motor flagship mereka. Dan sudah dibuktikan oleh Honda yang doyan menggunakan strategi common part untuk motor motor nya. Dari Honda PCX125 yang kemudian diturunkan ke Honda Vario 125 dan yang terakhir Honda PCX150 yang dilokalkan dan berwujud Honda Vario 150 yang memiliki teknologi turunan dari motor flagship mereka. Sebetulnya Honda mempunyai resiko dimana membuat pemilik motor PCX125 dan 150 kecewa karena motornya sama dengan motor di segment bawahnya yang dimana harga terpaut 2x lipat.

Namun agar tidak terjadi hal tersebut, Honda mendesign motornya agar tetap memiliki value yang baik dimata konsumen. Tetap saja konsumen akan mengatakan walau mesin sama namun motor ini Built Up dan tentu saja prestige nya pun beda walau pun kapasitas mesin sama. Dan sebelum Honda meluncurkan Vario 150, Honda meluncurkan All New Honda PCX150 dari Vietnam yang sudah berubah secara total dengan teknologi yang baru guna menjadikan tetap adanya diferensiasi antara motor Vario 150 dan PCX150.

Nah peta persaingan pun berubah ketika Yamaha NMax masuk dan mulai di umumkan. Sama kejadiannya seperti Yamaha mengumumkan R15 yang disandingkan dengan Honda CBR150R. Masyarakat menganggap PCX dan CBR150R terlihat overprice bila disandingkan dengan produk Yamaha. Apalagi dengar dengar Yamaha NMax dibekali teknologi VVA atau Variable Valve Actuation atau kalau dikenal di mobil seperti VVT-I pada Toyota atau VTEC pada Honda sebagai senjata rahasia dimesin mereka.

Dimana buka tutup klep diatur sedemikian rupa agar mesin berjalan sesuai dengan porsinya. Bila motor pelan maka profil camshaft disesuaikan untuk kondisi motor eco riding. Namun apabila ingin mendapatkan power maka profil camshaft satu nya lagi yang akan berfungsi. Efeknya apa ? Secara garis besar motor akan sangat efisien apabila dipergunakan saat eco riding dan memiliki performa yang besar bila ingin dipergunakan untuk akselerasi. Selain itu Yamaha NMax pun dilengkapi dengan piringan cakram belakang yang membuat value dari motor ini pun bertambah. Apalagi posisi tangki bensin pun berada di depan sehingga pastinya space ruang bagasi pun menjadi sangat luas yang bisa dipergunakan untuk menyimpan barang selama riding.

Selain itu ditambah lagi dengan teknologi ABS pada cakram nya. Selain itu mesin nya pun menggunakan teknologi global Yamaha yakni Blue Core Concept dan Liquid Cooled Engine.
Apalagi bila Yamaha membanderol motor ini di harga 27-29 juta, membuat harga PCX terlihat terpaut jauh yang dimana PCX sekarang berada range harga 40 juta. Walau Honda All New PCX150 dibekali berbagai fitur baru seperti LED Headlight, Answer Back System, Idling Stop System terasa apabila NMax dihargai seperti itu akan berdapak besar terhadap penjualan PCX yang selama ini adem ayem.

Last, walaupun AHM merasa bahwa PCX bukan produk asli dari mereka dan tidak terlalu pengaruh dengan penjualan, tentu saja brand image dari PCX pun akan terpengaruh dengan kemunculan Yamaha NMax. Tidak salah juga apabila Honda ingin melokalkan PCX150 sama seperti yang mereka lakukan pada Honda CBR150R mereka, apalagi kemungkinan itu menjadi lebih besar ketika Honda sudah mengeluarkan Vario 150 dimana strategi common part pun dapat dijalankan. Nah bagaimana AHM apakah akan membiarkan Yamaha NMax Berjaya dikelas premium skutik ? Semoga berguna..

Donny Prabowo

Informasi tambahan VVA :
VVA By TMCBlog

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s