Sirkuit Balipat Binuang Siap Untuk Indoprix Kelas 150cc..

DSC_0039_1

donnyprabowo – Tahun ini dunia balap motor di Indonesia kembali diberikan kejutan masbro dengan diluncurkannya kelas pengembangan Indoprix, yakni kelas 150cc. Sebetulnya wacana kelas 150cc sudah di wacanakam dari tahun 2008 dulu. Pertimbangannya dulu setiap pabrikan punya motor bebek hyper mereka. Yamaha dengan Jupiter MX bisa memakai blok Yamaha V-ixion agar 150cc, lalu Honda dengan CS-1 nya yang sama pakai blok Honda CBR150R agar 150cc, dan tentu saja si hyperunderbone Suzuki Satria FU150 yang harus dimodifikasi hanya menggunakan 5 percepatan.. Wacana ini muncul dikarenakan pembalap menginginkan penjenjangan yang lebih lagi yang dimana pada saat itu belum sebanyak sekarang kelas-kelas lanjutan jenjang karier balap, dan motor sport fairing pun belum sebanyak sekarang.. Dan akhirnya mentok dikelas 125cc saja masbro..

Tahun demi tahun berlalu tidak aja kejelasan dan para pembalap pun akhirnya bingung bagaimana mengembangkan karier balap dan sampai akhirnya pabrikan sekarang berlomba lomba mendukung pembalap Indonesia untuk bisa berprestasi lebih tinggi lagi dijenjang internasional. Kelas 150cc merupakan kelas puncak yang dinilai memiliki hawa pertempuran yang tidak kalah panas bila dibandingkan kelas 110 dan kelas 125cc.. Bagaimana tidak, 3 pabrikan besar di Indonesia berlomba untuk menjadi yang terbaik dan dapat menjaga market share motor mereka..

DSC_0026_1

Tahun kemarin, sempat dikatakan bahwa sirkuit yang ada di Indonesia masih belum mampu dan layak bila digunakan untuk kelas 150cc. Hal ini dikarenakan tidak ada standar baku internasional dalam hal pembuatan sirkuit, seperti berapa harus lebar jalan, berapa luas gravel yang dapat menahan motor pembalap yang jatuh, dll. Tentu akan sangat berakibat fatal apabila hal ini tidak dipikirkan lebih lanjut oleh pabrikan yang akan turun.

Dan setelah melihat bagaimana panasnya kompetisi kelas sport 150cc 2 tak, maka bisa saya simpulkan bahwa Sirkuit Balipat siap untuk menjadi salah satu sirkuit yang mampu menjalankan kelas sport ini walaupun harus ada beberapa sektor yang harus dikembangkan lebih maksimal lagi seperti lebar lintasa, gravel di sekitar sirkuit. Bisa dilihat, persaingan antara Kawasaki Ninja dan Yamaha RX-King betul-betul ketat karena tidak ada perbedaan yang jauh antara motor dan secara power, motor 2 tak memiliki kemampuan diatas motor 4 tak 150cc.. Walaupun berbeda karakter antara motor 2 tak 150 cc dan 4 tak 150 cc, tapi pembalap harus melihat ini adalah sebuah potensi, dimana pembalap tidak hanya belajar mengendarai motor underbone, namun juga membuntu mereka untuk naik ke jenjang balap berikutnya..

Dan bagi teman-teman yang ingin menyaksikan, kebetulan saya ada sedikit rekam kelas sport 150cc, silahkan dinikmati lengkingan tinggi khas motor 2 tak  yang betul-betul menarik..

Last, dengan diadakannya kelas 150cc ini, kita berahap semakin banyak pembalap Indonesia yang kirimkan ke jenjang berikutnya, dan tentunya kita akan semakin sering melihat bendera merah putih berkibar untuk masyarakat Indonesia melalui balap motor. Semoga berguna..

Posted from WordPress for Android

DSC_0037_1

DSC_0031_1

DSC_0034_1

Iklan

5 tanggapan untuk “Sirkuit Balipat Binuang Siap Untuk Indoprix Kelas 150cc..”

  1. Mantap bro..sdh lama sekali gk liat 2t adu kebut resmi..suaranya itu lho..bak serangan ribuan tawon.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s