Meriahnya Anniversary se Windu Banjarmasin Tiger Club Kalimantan Selatan

DSC_0344

donnyprabowo – Masbro sekalian, jika ada yang bertanya kepada masbro sekalian para pecinta dunia otomotif, apa yang membuat Honda Tiger yang notabene adalah motor yang termasuk legendary bike yang tidak mengalami perubahan signifikan dari tahun 1994 tetap eksis sampai tahun 2014 ini ? Apa yang membuat dia begitu tetap dicintai oleh para penyuka touring walaupun tidak sedikit juga yang akhirnya berpaling hati ke merek lain karena mengira Honda sebagai produsen tidak memperhatikan Honda Tiger..  Jawabannya adalah komunitas yang solid yang sudah terbangun lama masbro..

Honda Tiger 2000 1994

Tanpa disadari, berjalannya waktu, Honda Tiger pertama kali diluncurkan oleh Astra pada tahun 1994 CMIIW, dan terus berjalan hingga tahun 2014.. It’s a legendary bike.. Bagaimana tidak Honda Tiger mampu bertahan sampai usia 20 tahun.. Itu bukan waktu yang sebentar masbro.. Dengan banyaknya kompetitor sekarang, Honda Tiger pun masih tetap menjadi pilihan para biker.. Walaupun Honda Tiger sudah mulai tertatih berjalan karena tidak ada upgrade signifikan oleh Honda..

Honda Tiger Revo Asimetris Headlamp

Tercatat, Honda Tiger hanya mengalami facelift dibagian body, sampai yang terakhir pada tahun 2009 atau 2010 kalau tidak salah, Honda menghadirkan Honda Tiger dengan asimetrik headlamp sebagai sentuhan modernisasi pada Honda Tiger.. Namun secara mesin, Honda masih setia mempergunakan mesin Kaizen 200cc yang durability dan kemampuan mesinnya betul-betul kuat.. Makanya pihak prinsipal Jepang pun tidak ada sedikit pun niatan untuk mengganti mesin si Tiger.. Apalagi mesin Honda Tiger sempat menjadi motor dengan kapasitas paling besar yang dijual resmi di Indonesia sebelum akhirnya di tempati oleh Yamaha dengan Scorpionya, Suzuki dengan Thunder 250, dan si fenomenal Kawasaki Ninja 250..

Itulah sedikit flashback bagaimana kuatnya Honda Tiger sebagai legendary bike. Dan pada hari sabtu tanggal 22 Februari kemarin, pihak main daeler Honda di Banjarmasin, Honda Trio Motor, mengumpulkan berbagai komunitas motor di Kalimantan Selatan dan Kalimantan tengah untuk menghadiri sebuah acara yang diapresiasikan kepada para biker pemakai Honda Tiger di Banjarmasin yang menamakan komunitas mereka BATIC (Banjarmasin Tiger Community) yang resmi merayakan usia se-windu mereka berdiri masbro..  Dibawah naungan dari HTCI (Honda Tiger Community Indonesia), BATIC tetap bisa eksis dalam dunia komunitas motor di Kalimantan Selatan dan cukup dihormati karena menjadi komunitas yang dapat menjadi contoh bagi komunitas motor lainnya dan jauh dari kesan arogan yang biasanya nempel pada komunitas motor dengan kapasitas mesin besar.. Dari sisi solidaritas yang tinggi dari anggotanya, kedewasaan yang coba dicontohkan kepada para junior-juniornya, dan yang paling penting menjaga kaidah safety riding yang coba di contohkan kepada komunitas motor lain masbro..

DSC_0301

Acarapun dikemas begitu meriah dan begitu apik masbro.. Diadakan di depan gedung Walikota Banjarmasin yang langsung menghadap sisian sungai Martapura, membuat acara begitu istimewa.. Selain acara anniversary BATIC, Honda Trio Motor juga menghadirkan juga drag race menggunakan Honda CB150R.. Dengan jarak sekitar 100 meter peserta dapat menggeber Honda CB dan mencatatkan waktu yang tercepat.. Hadiahnya pun cukup menarik masbro..

DSC_0304

Acara kali ini dibuka langsung oleh Walikota Banjarmasin, Bapak H Muhidin yang membawa H-D ketempat acara.. Dan beliau yang juga sebagai sosok biker tulen sangat mensupport gelaran kali ini.. Tercatat komunitas dari KNC (Kawasaki Ninja Club) Chapter Banjarmasin, YVCI (Yamah Vixion Club Indonesia) Chapter Banjarmasin dan sekitarnya, Byonic (Byson Yamaha Owner Indonesia Club Indonesia) Chapter Banjarmasin dan sekitarnya, juga Komunitas-komunitas Honda seperti Honda CBR 250 dan 150, HSFCI (Honda Street Fire Club Indonesia) Banjarmasin, Honda Vario, Honda Beat, Honda Scoopy, dan Honda Blade ikut memeriahkan acar ini..

DSC_0346

Dan seperti isu-isu di dunia blogspare mengenai isu upgrade Honda Tiger pada tahun 2014 ini mengalir deras, apalagi ditambah dengan wacana Honda yang ingin menginjeksikan seluruh varian motornya di tahun 2014 masbro.. Desas desus yang mengatakan Honda masih memilih mesin yang cocok untuk karakter Tiger yang bukan diciptakan untuk speed, namun torsi putaran bawah yang mantap.. Isu paling santer adalah pengaplikasian mesin Honda CBR250 yang diracik ulang agar power bawah dan torsi bisa meningkat. Karena bila Honda mendevelopment mesin baru, maka cost investment yang dikeluarkan pun akan membengkak dan akan mempengaruhi harga jual dari Tiger sendiri.. Honda seperti diajak untuk berpikir keras bagaimana dapat meracik Honda Tiger yang benar-benar diharapkan oleh para biker namun dengan harga yang rasional.. Faktor harga adalah faktor kunci motor akan laku dan tidak di pasaran. Bayangkan Honda Tiger sekarang sudah di jual di harga  26 juta rupiah, bila Honda salah memasang strategi pricing, maka adalah bencana bagi Honda Tiger baru nanti..

Pamflet Honda Tiger 2000

Last, tidak berapa lama lagi Honda akan melakukan upgrade besar-besaran kepada si Legendary Bike.. Tanpa dipungkiri Honda sendiri mempunyai keputusan yang sulit untuk melakukan upgrade kepada Honda Tiger.. Prinsipal Honda dari Jepang pun menyatakan upgrade untuk Honda Tiger tidak dapat sembarangan karena sudah tertanam sosok motor touring yang memiliki cita rasa yang khas.. Maka dari itu butuh waktu yang lama untuk menggodok varian upgrade dari Honda Tiger untuk dapat diproduksi.. Apalagi Honda Tiger kemungkinan akan menjadi global project Honda Jepang, yang berarti Honda Tiger akan seperti Honda CBR250 yang dapat diluncurkan di belahan dunia lain..  Semoga berguna masbro..

Honda CB250R

donnyprabowo

Honda Tiger 2000 1994

Honda Tiger 2000 Tahun 1994

Honda Tiger Revo 2007_1

Honda Tiger Revo Tahun 2007

Honda Tiger Revo 2012

Honda Tiger Revo 2012

DSC_0303

DSC_0302

DSC_0300

DSC_0306

DSC_0305

DSC_0307

DSC_0310

DSC_0313

DSC_0318

DSC_0321

DSC_0324

DSC_0326

DSC_0328

DSC_0340

DSC_0343

DSC_0345

DSC_0314 DSC_0315 DSC_0316 DSC_0317 DSC_0320 DSC_0322 DSC_0323

Iklan

4 tanggapan untuk “Meriahnya Anniversary se Windu Banjarmasin Tiger Club Kalimantan Selatan”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s