World Superbike Championship 2014 Resmi Di Mulai

World-Superbike-logo

donnyprabowo – Masbro sekalian, minggu hari ini World Superbike Championship tahun 2014 telah resmi dimulai dengan mengunjungi sirkuit  Philip Island di Australia sebagai tuan rumah pertama tahun ini.

Philip Island Circuit

Memang di Indonesia gelaran World Superbike (WSBK) tidak sepopuler Motogp, alasannya sih simple tidak ada stasiun tv nasional yang menayangkannya, jadi WSBK hanya bisa dinikmati oleh masyarakat yang menggunakan layanan TV Kabel berlangganan dan juga streaming balap melalui internet, makanya kurang begitu populer di Indonesia. Padahal secara team line up team yang bertarung di sini di isi oleh beberapa rider yang merupakan mantan pembalap  Motogp, seperti Sylvian Guintoli yang pernah menjadi bagian team Yamaha Tech 3, lalu ada Marco Melandri yang sempat membela team Honda Gresini, dan Toni Elias yang tahun 2010 menjadi juara dunia pertama kali di kelas Moto2.. Selain dari line up, motor pun berasal dari motor sport harian yang di upgrade kemampuannya. Jadi investment pabrikan mengikuti WSBK adalah Win Today and Sale Tomorrow masbro.. Siapa yang gak bangga motor yang dipakainya harian bisa memenangi balap kelas dunia.. 😀 ..

MV Agusta F4RR WSBK

Maka dari itu hampir semua pabrikan ikut berpartisipasi walaupun ada beberapa merek motor yang tidak didukung penuh oleh pabrikan resminya dengan alasan cost untuk balap yang cukup tinggi.. Tercatat  Ducati dengan Panigale 1199 RS, Suzuki dengan GSX-R nya, Honda dengan CBR1000RR, Aprilia dengan RSV4 Factory, BMW dengan S1000RR, Kawasaki yang memenangi WSBK tahun lalu dengan ZX-10R, dan bahkan motor sekelas MV Agusta yang merupakan motorcycle art pun tahun ini mulai ikut serta dengan menurunkan F4RR nya, dan yang cukup mengemparkan adalah keikut sertaan Erick Buell yang baru-baru ini bergabung dengan pabrikan motor India, Hero Corp yang  menurunkan EBR1190RX.. Sayang 1 pabrikan yakni Bimota dengan Bimota BB3 dipastikan tidak dapat mengikuti WSBK karena tidak dapat memenuhi persyaratan holomogasi yang dibuat oleh FIM yakni telah menjual 1000 unit motor..

Tahun ini pun WSBK menjadi lebih atraktif karena mulai tahun ini WSBK langsung dibawah Dorna sebagai promotor, seperti Motogp, Dorna membuat akses yang lebih mudah untuk menyaksikan kompetisi WSBK, yang pertahun ini sudah bisa menyaksikan balap melalui live streaming, jadi tidak terpotong-potong masbro.. Secara seluruh race bisa disaksikan, seperti kelas Superstock,  Supersport, dan juga kelas Superbike sendiri.. Format kompetisi tahun ini pun ditambah dengan kelas Evo, yakni kelas low cost race seperti format CRT di Motogp. Dorna membuat terobosan ini agar peserta yang mengikuti kompetisi WSBK bisa bertambah ramai. Dan terbukti, 27 rider bergabung di WSBK. Dan kelas Evo sendiri akan ada juara sendiri persis seperti CRT pada Motogp. Pada  motor balap, investasi terbesar pabrikan adalah sistem elektronik yang menjadi otak dari motor. Nah dengan ada kelas Evo, team yang punya dana tidak besar bisa tetap ikut berkompetisi walaupun sangat sulit menyaingi team non Evo.. Tapi secara timing tidak terlalu jauh seperti Motogp dengan CRT kok, jadi  masih rame untuk ditonton.. 😀

MV Agusta F4RR WSBK_1

Last, dengan dimulainya WSBK dengan dukungan Dorna, tahun ini bisa menjadi tahun ramainya balap WSBK.. Beberapa tahun ini rating WSBK mulai meningkat semenjak Motogp hanya didominasi oleh team-team kuat dan pembalap yang naik podium hanya itu-itu saja. Berbeda dengan WSBK yang bahkan pada tahun 2011, perebuatan gelar juara dunia oleh Max Biaggi hanya terpaut 0,5 point dari posisi klasemen kedua, mepet bener masbro.. Dan semoga kedepannya pabrikan seperti KTM bisa menurunkan RC8 nya dan Yamaha dengan YZF-R1 nya bisa ikut berpartisipasi lagi..  Semoga berguna masbro..

donnyprabowo

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s