Serunya Berlatih Enduro Adventure di Kalimantan Selatan Bersama Mickey Trail Adventure

DSC_0093[1]

donnyprabowo – Haloo masbro dan mbakbro sekalian.. Saya memohon maaf karena vakum beberapa hari untuk menulis blog ini.. Dan langsung saja untuk artikel kali ini, saya akan membahas sensasi luar biasa dari berlatih enduro adventure bersama komunitas Adventure yang domisili para anggotanya sebagian besar di Banjarbaru-Martapura Kalimantan Selatan..

Sebelumnya saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya untuk semua teman-teman Mickey Trail Adventure (MTA) khususnya kepada Om Husni Thamrin dan Ko Peter Ong dan juga Om Hendra yang berkenan mengajak dan memfasilitasi segala kesiapan saya termasuk rela meminjamkan Kawasaki KLX 150 nya ke saya dan teman kantor saya, Mas Rudy Rosadi untuk berlatih Enduro Adventure di sekitar daerah pegunungan Meratus Kalimantan Selatan..

DSC_0085[1]

DSC_0113[1]

Sungguh menarik dan tidak dapat saya tolak ketika mendapat tawaran untuk dapat bergabung berlatih bersama MTA. Latihan kali ini juga berhubungan untuk kesiapan teman-teman MTA untuk menghadapi event Adventure berskala nasional pada tanggal 1 Februari nanti di Binuang masbro..  Mungkin sedikit flashback beberapa tahun ini, Kalimantan Selatan cukup getol mengadakan event adventure, dan ternyata antusiasme dari masyarakat pun cukup besar terhadap event seperti ini. Hal ini juga didukung dengan kontur fisik alam dari Kalimantan Selatan sendiri yang berbukit dan masih mudah ditemui jalanan becek, berlumpur, menanjak yang betul-betul mengeluarkan adrenalin dari pada rider..

DSC_0095[1]

Dan cerita dimulai dari hari sabtu pagi kemarin, saya berangkat dari Banjarmasin bersama salah satu teman Anggota MTA, Mas Arif menuju Banjarbaru untuk persiapan latihan pada hari itu.. Segala macam persiapan saya dan teman-teman MTA lakukan guna mempersiapkan segala sesuatu saat beradventure nanti. Mulai dari persiapan motor, fisik, dan juga peranti keselamatan masbro, dan juga makanan dan minuman, maklum kehabisan air adalah momok yang sangat menakutkan bagi para adventure. Gak seru kan kalau harus sampai luka-luka dan mengalami dehidrasi kekurangan cairan saat beradventure ria, nanti malah tidak bisa ikut event sebenarnya, hehehehe..

Motor trail yang digunakan pun bervariasi masbro, dari Om Husni dan Mas Arif yang menunggangi Husqvarna TE310, lalu ada Ko Peter dan salah satu anggota MTA lain, menggunakan  Husaberg TE501, dan sisanya termasuk saya dan Mas Rudy memakai KLX 150 yang sudah dicustom ring 21 dan 18 Inch dan ada juga motor dengan brand yang terkenal dengan motor trial nya, Gaz-Gaz GE 250.. Mungkin sebagai tambahan informasi, penjualan motor trail di Kalimantan Selatan cukup kenceng masbro. Menurut Daeler Husqvarna South Borneo, setiap tahun unit-unit yang dijual oleh mereka selalu habis. Dan hari minggu kemarin, Husqvarna South Borneo sudah kedatangan unit baru motor trail untuk tahun 2014.. Motor gress masbroo.. 😀 , yang minat monggo dikunjungi Daeler Husqvarna terdekat..

DSC_0088[1]

DSC_0090[1]

DSC_0109[1]

 

Husqvarna TE301, Gaz-Gaz GE 250, dan Husaberg TE501

Lintasan latihan enduro ini saya akui sangat menguras fisik dan mental saya. Ini adalah kali pertama saya merasakan bagaimana sensasi menjelajah alam dengan motor enduro.. Dan gambaran dari track ini pun jauh dari bayangan saya pertama kali.. Ternyata rack yang disuguhkan sangat beragam, terdiri dari tanah berpasir, tanjakan curam 45° dan bahkan lebih dengan medan batu-batu gunung, turunan yang benar-benar curam, menerobos sungai kecil, jalan setapak yang kiri dan kanan berupa rumput ilalang tinggi dan tentu saja jalan tanah merah licin yang banyak dihiasi lubang besar..  Nah yang membuat energi habis adalah panas terik matahari yang kalo diukur mungkin bisa capai 38° Celcius..  Beuhh barat bujur medannya masbro (berat betul medannya masbro).. hehehehee..  Sayangnya saya gak ada kamera seperti GoPro untuk merekam bagaimana extremenya jalur Kalimantan. Yaa mungkin lain kali bisa saya dokumentasikan lebih baik untuk dibagikan kepada teman-teman pembaca..

Namun kepuasan tersendiri ketika bisa berada dipuncak pegunungan meratus yang membentan di Kalimantan Selatan. Dari sini terhampar luas dataran hijau yang benar-benar membuat fisik yang lelah menjadi segar masbro.. Sekeliling memandang hanya terbayang oleh saya keindahan yang disuguhkan oleh alam. Disini juga bisa dilihat seluruh lintasan-lintasan enduro yang tidak bisa saya bayangkan bagaimana para warga dulu membuat lintasan ini. Naik turun gunung, menyebrangi sungai, dan jalan setapak yang pinggir kiri dan kanan adalah jurang curam..

DSC_0108[1]

 

Kalau di Zoom bakal kelihatan diatas bukit-bukit itu terdapat jalan yang dipergunakan untuk adventure masbro..

Namun sayang seharusnya hamparan hijau tersebut harusnya bukan rumput ilalang, namun adalah hutan. Hampir 80 % area yang saya lewati sudah habis ditebangi kayu-kayunya. Padahal yang kita ketahui pohon-pohon adalah sumber oksigen utama dan sebagai paru-paru dunia. Bisa dibayangkan bukan dengan hilangnya pohon-pohon tersebut juga menjadi faktor utama terjadinya pemanasan global sekarang..

DSC_0127[1]

Last saya merasa sangat bersyukur untuk kesempatan yang bisa diberikan kepada saya untuk merasakan bagaimana menariknya enduro adventure  dan dapat membagikan pengalaman saya kepada pembaca blog ini. Sekali lagi saya berterimakasih kepada teman-teman dari Mickey Trail Adventure (MTA) yang telah memfasilitasi latihan kali ini. Semoga saya bisa ikut lagi bersama teman-teman.. 😀

donnyprabowo

DSC_0087[1]

DSC_0089[2]

DSC_0098[1]

DSC_0102[1]

DSC_0106[1]

DSC_0107[1]

DSC_0110[1]

DSC_0111[1]

DSC_0117[1]

DSC_0118[1]

Istirahat di desa terdekat, makan mie instan sambil ganti ban dalam yang robek saat dipakai adventure

DSC_0120[1]

DSC_0126[1]

DSC_0127[1]

 

Iklan

7 tanggapan untuk “Serunya Berlatih Enduro Adventure di Kalimantan Selatan Bersama Mickey Trail Adventure”

    1. Kalo mau gabung bisa langsung datang ke showroom mickey motor di martapura masbro, setelah batas kota banjarbaru martapura gak jauh dari sana ada mickey motor.. Nah nanti ketemu aja sama Bapak Husni Thamrin, beliau termasuk tetua di MTA masbro, dan bilang aja tau info dari blog donny gitu aja mas.. Oh yaa mas motor harus ready ya mas.. Semoga membantu..

  1. Kami dari PT.PUTRA MANDIRI MOTOR

    Kami Menjual Produk Trail Xtream V 200CC

    Alamat: Jl. Ruko D’Ngijo Kav 1-2 Karang Ploso, Malang.. Jawa Timur

    Hub 0341-532684
    087759744088 Rizky
    pin BB : 29912E88

  2. Saya pendatang baru di Banjarmasin .mau tanya kalau latihan motto cross .grass track dimana .ya..karena saya mau kembangkan hobby anak2 saya yg sedang giat berlatih.mohon masukannya terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s