Yamaha YZ450F Rally Race Bike Dakar

Cyril-Despres-Yamaha-YZ450F-Rally-studio-06

 

 

donnyprabowo – Masbro dan mbakbro sekalian, artikel ini adalah artikel lanjutan dari artikel sebelumnya dalam membahas motor-motor yang dipergunakan dalam balap ketahanan Rally Dakar 2014.

2014-dakar-rally-argentina-bolivia-chile

Setelah kita tadi berpanjang lebar dengan motor Honda CRF450 Rally, sekarang kita akan bahas dari pabrikan Jepang yang juga bener-bener mencoba all out dalam Rally Dakar tahun ini, yakni Yamaha.
Gak tanggung-tanggung masbro, selain Yamaha merancang motor yang kuat, Yamaha sampai-sampai mendatangkan Cyril Despres sebagai rider yang akan menunggangi Yamaha YZ450F Rally Race Bike untuk Rally Dakar 2014.
Mungkin yang belum kenal sama Cyril Despres, dia adalah juara dunia 5 kali bersama KTM untuk kelas motor dalam Rally Dakar. Cyril Despres sebelumnya bergabung dengan Red Bull KTM Factory, namun diakhir tahun 2013 kemarin secara mengejutkan dia memutuskan untuk keluar dari KTM dan bergabung dengan Yamaha. Cyril sendiri berambis untuk mencuri kemenangnan bersama Yamaha dan memutuskan dominasi KTM yang biasa selalu menjadi pemenang Rally Dakar untuk kelas motor.

Cyril-Despres-Yamaha-Motor-France-2014-Dakar-Rally-10

Dengan pembalap yang kaya akan pengalaman, otomatis agar kemenangan dapat diraih oleh Yamaha dibutuhkan juga usaha yang ekstra serta harus didukung oleh motor yang memiliki kemampuan diatas lawan-lawan, apalagi tahun ini Honda juga benar-benar berusaha untuk menjadi yang terbaik sedangkan KTM tidak akan membiarkan Yamaha dan Honda merusak ambisi KTM untuk melanjutkan perburuan juara yang sudah diukir oleh KTM.

Yamaha Reversed Engine

 

Posisi Throttle Body dan Lubang Out terbalik

Yamaha YZ450F Rally sendiri adalah pengembangan dari seri motor motocross dan supercross Yamaha yakni Yamaha YZ450F. Yamaha YZ450F Rally adalah motor yang dikembangkan khusus untuk mengikuti Rally Dakar. Menggendong mesin dengan teknologi mesin baru yakni Reversed Engine Head, yang dimana posisi Throttle Body dan lubang out atau lubang pembuangan dibalik (akan di bahas diartikel terpisah) yang membuat kinerja piston semakin ringan dengan kubikasi mesin 449,7 cc yang didapat dari piston x stroke, 90 mm x 60,8 mm. Mesin berkonfigurasi DOHC 4 Klep Titanium dan sudah menggunakan teknologi Yamaha Fuel Injection (YFI) yang Throttle Body di supply dari Keihin dengan ukuran venturi 44 mm. Untuk urusan peredam kejut, Yamaha mempercayakan kepada KYB sebagai pemasok, dan untuk rem di support oleh produsen Nissin.

Cyril-Despres-Yamaha-Motor-France-2014-Dakar-Rally-09

Perhatikan pipa knalpot nyembul dari belakang bukan seperti motor lain yang berada di depan silinder head

Yang unik, Cyril Despres saat masih menunggangi motor KTM selalu menggunakan knalpot Akrapovic. Sedikit informasi, knalpot Akrapovic adalah partner setia dari KTM baik untuk produk massal maupun untuk race bike nya. Nah saat berpindah ke Yamaha, Cyril Despres pun meminta Yamaha untuk memakai knalpot asal Slovenia tersebut untuk digunakan ditunggangannya.. Sama seperti motor dari pabrikan lain, Yamaha membekali motor ini dengan teknologi GPS yang membantu rider untuk tetap berjalan pada jalurnya. Untuk lampu utama sendiri, Yamaha mengaplikasikan teknologi LED sebagai lampu utama di motor tersebut. Dan part kopling dari Rekluse tidak ketinggalan nempel dari motor Rally Dakar Yamaha ini, nanti diartikel lain akan saya jelaskan kelebihan dari kopling buatan Rekluse ini masbro..

Nah daripada kepanjangan yuk masbro sekalian bisa dilihat gallery foto dari Yamaha YZ450F Rally Bike yang dikutip dari asphaltandrubber.com..
Terimakasih sudah mau berkunjung ke blog ecek-ecek saya.. 😀

donnyprabowo

Cyril-Despres-Yamaha-Motor-France-2014-Dakar-Rally-12

cyril-despres-yamaha-motor-france-dakar-rally-1

cyril-despres-yamaha-yz450f-rally-studio-01

 

 

cyril-despres-yamaha-yz450f-rally-studio-09

 

Cyril-Despres-Yamaha-YZ450F-Rally-studio-02

 

cyril-despres-yamaha-yz450f-rally-studio-10

 

Cyril-Despres-Yamaha-YZ450F-Rally-studio-03

 

cyril-despres-yamaha-yz450f-rally-studio-04

 

Cyril-Despres-Yamaha-YZ450F-Rally-studio-05

 

cyril-despres-yamaha-yz450f-rally-studio-11

 

Cyril-Despres-Yamaha-YZ450F-Rally-studio-12

 

Cyril-Despres-Yamaha-YZ450F-Rally-still-02

 

Cyril-Despres-Yamaha-YZ450F-Rally-still-03

 

Cyril-Despres-Yamaha-YZ450F-Rally-action-04

 

Cyril-Despres-Yamaha-YZ450F-Rally-action-07

 

Cyril-Despres-Yamaha-YZ450F-Rally-action-08

Iklan

7 tanggapan untuk “Yamaha YZ450F Rally Race Bike Dakar”

    1. Untuk motor enduro atau motocross yang jadi basis motor rally dakar, kapasitas paling besar yaa memang 450 masbro, kecuali KTM yang membuat memang memiliki produk diatas 450 cc, itupun produk supermotard nya, KTM Duke 690 masbro..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s