Marquez Berhasil Menjadi Juara Dunia MotoGP 2013 !!

93marquez_lemans-2013l

donnyprabowo – Seperti yang kita ketahui bersama, penentuan siapa menjadi Juara Dunia MotoGP 2013 berlangsung sangat alot dimana sampai di seri ke 17 yang berlangsung di Sirkuit Twin Ring Motegi belum ada yang mampu mengunci gelar Juara Dunia. Persaingan pun menjadi sangat begitu panas antara Jorge Lorenzo dari Yamaha Factory Team dan penantang mudanya, The Baby Alien Marc Marquez dari Repsol Honda Team yang dimana penentuan tahta Juara Dunia harus dilakukan di Sirkuit Ricardo Tormo Valencia, race terakhir MotoGP 2013.

Jalannya race sendiri begitu panas, banyak aksi overtake yang terjadi saat race berlangsung yang dimana Lorenzo berusaha menggagalkan Marquez menjadi juara dunia yaa  walaupun boleh dibilang itu adalah “Mission Imposible ” bagi Jorge Lorenzo, lalu Dani Pedrosa yang berusaha untuk meraih dan meneruskan catatan baiknya di sirkuit tanah kelahirannya ini, dan Marquez yang berusaha meraih gelar Juara Dunia MotoGP pertamanya dan memecahkan record yang sudah lama tidak terpecahkan, yakni langsung menjadi Juara Dunia saat naik ke kelas MotoGP.

Dan yang terpenting membuat Honda kembali meraih gelar juara dunianya setelah tahun lalu harus gagal dalam persaingan meraih juara dunia yang dimana terakhir Honda merasakan gelar juara dunia bersama Casey Stoner pada tahun 2011 lalu.

Rangkuman jalannya balap MotoGP di Sirkuit Ricardo Tormo Valencia Spanyol :

Saat start awal, Marquez agak sedikit terlambat membuat throttle gas motornya, sehingga posisi pertama langsung diambil alih oleh Lorenzo yang berada di starting grid ke 2 lalu di susul oleh Dani pedrosa yang menempati posisi ke 2 yang dimana memulai race dari starting grid ke 3.

Di Laps 1 dan 2 terjadi pertarungan Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo memperebutkan posisi pertama, Marc Marquez seperti bermain aman di posisi ke 3 yang dimana di posisi ke 4, Marc Marquez terlihat dikawal oleh Alvaro Bautista yang berusaha menjauhkan Marc Marquez dari Valentino Rossi yang mengancam diposisi 5. Valentino Rossi sendiri mengatakan akan membantu Lorenzo untuk menggagalkan Marquez meraih title pertamanya di kelas premier.

Lorenzo berusaha habis-habisan untuk menjauhkan dirinya dari Dani Pedrosa, namun dengan setingan ban yang sama dimana Jorge Lorenzo, Marc Marquez, dan Dani Pedrosa memakai ban bridgestone Soft untuk di depan dan Hard untuk di bagian belakang, maka akan sedikit sulit untuk Lorenzo melepaskan diri dari cengkraman Honda RC213V milik Dani Pedrosa yang terlihat sangat superior saat jalur straight.

Di lap ke 6 Dani Pedrosa berhasil mengambil alih posisi yang kemudian diambil kembali oleh Lorenzo. Sempat terjadi sedikit sengolan antara Dani Pedrosa dan Lorenzo, persaingan menjadi begitu panas untuk 3 pembalap terdepan.

DI Lap ke 8, Jorge Lorenzo berhasil membuat record race lap baru di sirkuit Valencia yakni 1:32:006.

Di lap ke 9 persaingan Lorenzo dan Pedrosa begitu panas sampai-sampai Pedrosa harus keluar line dan Marquez memanfaatkannya untuk mengambil alih posisi pertama. Dan Cal Crutchlow harus mengakhiri perjalanan balapnya bersama Yamaha Tech 3 dengan terjatuh di laps 9. Yang dimana Cal akan bergabung dengan Dovizioso di Ducati Corse tahun depan.

Marc-Marquez-vs-Jorge-Lorenzo

Lorenzo berhasil mengambil alih race kembali dari Marquez di tikungan ke 2 lap 10 dan terjadi aksi saling selip antara mereka berdua, sementara Alvaro Bautista masih melakukan tugasnya mengcover Marquez dari Valentino Rossi, dan akhirnya Valentino Rossi berhasil mengambil alih posisi ke 3 di tikungan pertama di lap 11 di susul oleh Dani Pedrosa di belakangnya sehingga Alvaro Bautista harus turun ke posisi 5.

Marquez membuat record lap baru di catatan waktu 1:31:834 di lap 12.

Pedrosa mengambil alih posisi ke 3 dari Valentino Rossi di  lap 13 di tikungan pertama setelah straight, Pedrosa melakukan extreme late breaking sampai-sampai ban belakang motornya terangkat cukup tinggi.

Di lap 14 gap antara Lorenzo dan Marquez sekitar 0,970 detik.

Di lap 16 jarak antara Lorenzo dan Marquez semakin jauh, entah Lorenzo yang geber habis M1 nya atau Marquez yang mengendorkan RC213V nya dan berusaha untuk bermain aman yang dimana di posisi ke 3 ada Dani Pedrosa yang mungkin akan berusaha menutupi Marquez dari Valentino Rossi.

Di lap 18 jarak antara Marquez dan Pedrosa menjadi tipis hanya sekitar 0,6 detik.

Di lap 21 Lorenzo mencatatkan dirinya sebagai pemilik Sircuit Lap Record menggantikan record yang di buat oleh Dani Pedrosa di tahun 2008 dengan catatan waktu 1:31:701.

Di lap 25, Dani Pedrosa menyusul Marc Marquez dan berada di posisi 2 dan Marquez pun merasa tidak ada masalah dengan posisi ke 3 karena dia akan tetap meraih juara dunianya dan berusaha bermain aman.

Di lap 26 Andrea Lannone terjatuh dan marsyal harus sempat mengibarkan yellow flag.

Di last lap, pit crew Marquez memberitahukan kepada Marquez bahwa di posisi ke 4 terdapat valentino rossi dengan selisih gap 4.4 second.

Dan akhirnya Marc Marquez memastikan dirinya sebagai Juara Dunia MotoGP dengan finish di posisi ke 3, yang dimana posisi pertama di tempati oleh Jorge Lorenzo dan di posisi ke 2 oleh Dani Pedrosa. Selisih poin antara Lorenzo dan Marquez pun di akhir race MotoGP 2013 ini adalah 4 poin saja.

donnyprabowo

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s