Honda NC 700 Series Part II

Honda-NC700X-lean

Melanjutkan tulisan kemaren-kemaren dulu yang tertunda gara-gara gak sempet ngeblog, di tulisan kali ini saya akan membahas versi kedua dari varian Honda NC 700, yakni Honda NC 700 X.. 😀

Desain Keseluruhan

Di bagian pertama ini kita akan membahas desain dari motor ini. Form factor atau basis dasar dari Honda NC 700 X ini sama seperti Honda NC 700 S yang sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya, yang belum baca bisa di lihat di sini..
Perbedaan mendasar dari Honda NC 700 S adalah bentuk body yang lebih kearah touring bike. Hal ini dapat dilihat dari pengaplikasian windshield yang walaupun tidak terlalu tinggi namun mampu mengurangi terpaan angin yang menghantam langsung rider.

Honda NC700X_1

Selain itu, di bawah headlamp depan, terdapat airduck kecil yang mirip dengan Ducati Hypermotard masbro..
Desain di bagian tengah, mirip-mirip laa dengan desain Honda CS1 yang di Indonesia saat pertama kali diluncurkan banyak yang mencibir karena berdesain out of the box.
Padahal desain seperti Honda NC 700 X sudah di terapkan oleh Honda melalui Honda CBF1000 nya yang kemungkinan besar menjadi desain awal dari Honda NC 700 X dan Honda CS1 yang di jual di Indonesia.
Seperti yang diketahui, Honda NC Series memindahkan tangki dari bagian depan ke bawah jok belakang, hal ini membuat fungsionalitas Honda NC 700 X sama seperti Honda CS1 yang dimana bagian backbone tengah menjadi wadah khusus yang menyerupai box. Bedanya Honda CS1 hanya mampu menampung toolkit serta barang-barang kecil, Honda NC 700 X mampu menampung Helm bertipe Fullface di bagian box depan.
Dan secara desain belakang sama seperti varian Honda NC 700 S.

Mesin

Honda NC700S_5

Untuk mesin tidak ada perbedaan antara Honda NC 700 S dan Honda NC 700 X..
Untuk spesifikasinya sendiri, Honda NC 700 X di bekali dengan masin Injeksi PGM-FI, 2 silinder paralel, SOHC 8 klep, liquid cooled engine..
Untuk kapasitas mesinnya sendiri adalah 670cc yang dibulatkan menjadi 700cc, dengan perbandingan bore x stroke adalah 73mm x 80mm, yang dimana motor berkarakter memanjakan torsi dibandingkan top speed karena bersifat long stroke.
Kompresi mesinnya sendiri adalah 10,7:1. Dari konfigurasi mesin yang bersifat long stroke, peak power yang dihasilkan pun tergolong tidak terlalu tinggi yakni sekitar 45 Hp di 6200 rpm, sedangkan untuk torsi yang di hasilkan sudah pasti besar yakni 60Nm yang sudah di dapat dari putaran mesin 4250 rpm dengan ukuran throttle body 36mm.
Trasmisi yang dibenamkan pun sama seperti varian NC Series lainnya. Menganut 2 mode transmisi yang dikenal dengan DCT alias Double Cluth Transmition yang dimana motor bisa dikendalikan dengan mode AT (Automatic) atau Manual yang dimana mode perpindahan transmisinya hanya dengan menekan tombol khusus di bagian saklar kiri. Ada opsional juga bila rider ingin melakukan perpindahan transmisi seperti motor normal yakni dengan pengungkit transmisi di bagian kiri.
Yang pasti bila di pergunakan touring tidak repot naik turun transmisi.. 😀

Honda NC700S_11

Kaki-Kaki

2012-honda-nc700x-review

Honda NC 700 X dikawal oleh suspensi tipe teleskopik di depan dengan lebar 41mm dan jarak main travel dari suspensi depan adalah 120mm. Sedangkan untuk suspensi belakang, Honda memasang suspensi Monoshock Pro-Link dengan jarak main travel 120mm.
Perbedaan di sektor kaki-kaki antara NC 700 X dan NC 700 S adalah setang yang dipergunakan. Bila di Honda NC 700 S mempergunakan setang dengan tipe fatbat yang berdesain rendah dengan tujuan nyaman dipergunakan untuk harian, maka di Honda NC 700 X, setang yang dipergunakan berdesain tinggi yang bertujuan membuat nyaman rider ketika berkendara jarak jauh, sehingga fisik tetap terasa rileks dan badan pun lebih tegak dibandingkan Honda NC 700 S.

Honda NC700X

Untuk sektor pengereman sendiri, Honda cukup percaya dengan hanya memasang 1 disk cakram ukuran 320mm di bagian depan dengan tipe gelombang yang dikawal kaliper rem 2 piston untuk tipe standar dan 3 piston untuk varian ABS DCT..
Sedangkan untuk bagian belakang, Honda memasangkan 1 disk cakram ukuran 240mm bertipe gelombang yang di kawal dengan kaliper rem 1 piston..
Untuk velg sendiri, Honda NC 700 X dikawal velg cast aluminium 10 spoke 17 inch yang sama seperti motor sport dengan ukuran velg bagian depan 3.5 inch dan belakang 4,5 inch di balut dengan ban ukuran 120/70 untuk dibagian depan dan 160/60 di bagian belakang..

donnyprabowo

New-Honda-NC700X

Honda NC700X

Iklan

2 tanggapan untuk “Honda NC 700 Series Part II”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s