Honda NC 700 Series Part I

Honda NC700S_1

 

Masbro sekalian, ketika saya membuka halaman website dari Boonsiew Honda Malaysia, saya melihat sebuah motor yang menurut saya cukup unik berada di dalam list produk motor yang mereka jual di Malaysia dan saya pikir belum banyak orang mengetahui mengenai motor ini. Walaupun motor ini produk global dari Honda, namun namanya tidak sepopuler Honda dengan seri CBR, CB Series, maupun VFR Series..
Dan sekarang saya perkenalkan sepeda motor Honda berjuluk Honda NC 700..

Honda NC 700 oleh Honda Jepang sengaja di setting seperti varian Honda CBR 400 dan 500 series yang baru saja di launching sebagai varian global yang dimana menggunakan 1 mesin yang sama namun memiliki 3 jenis form factor atau tipe yang berbeda..
Honda NC 700 sendiri dibagi menjadi 3 jenis motor, yakni Honda NC 700 S, Honda NC 700 X, dan Honda NC 700 D Integra..
Dan pada tulisan kali ini, saya akan membagi tulisan ini menjadi 3 bagian yang akan membahas masing-masing dari varian Honda NC 700 Series. Jadi secara lengkap saya akan jabarkan motor ini yang akan saya mulai dengan membahas tipe pertama yakni Honda NC 700 S..

Honda NC 700 Series

Honda NC 700 sendiri adalah sebuah motor konsep yang dibuat oleh Honda pada tahun 2010, pada tahun 2011 di perkenalkan kepada publik pada saat berlangsung acara EICMA atau yang lebih dikenal dengan Milan Auto Show, dan pada tahun 2012 mulai dijual bebas sebagai salah satu produk global dari Honda..

Desain Keseluruhan

Honda NC700S_8

Desain yang di buat oleh Honda kepada Honda NC 700 S sendiri adalah Naked Bike yang memang cocok dijadikan commuter bike di Eropa. Desain naked bike nya sendiri lebih cenderung elegan, tidak banyak dihiasi oleh sudut-sudut tajam seperti motor naked bike lain.
Honda memang sengaja mengutamakan kenyamanan berkendara ketika rider mengendarai motor ini. Hal ini dapat di lihat dari tinggi tempat duduk atau seat height yang hanya berkisar 790mm dari permukaan tanah yang membuat rider wanita pun dapat memakai motor ini tanpa perlu jinjit balet (tapi kan bule pada tinggi-tinggi semua, jadi masalah tinggi motor bukan jadi kendala bagi mereka), lalu Honda menggunkan setang bertipe fatbar yang dimana membuat motor nyaman dipakai untuk jarak jauh..

Honda NC700S_1

Lalu untuk sudut komstir depan adalah 27° yang berarti berpengaruh selain kepada radius putar dari motor yang menurut klaim Honda mencapai 3 meter, juga kepada handling motor yang gampang dibawa selip-selip di keramaian jalan raya.
Rangka yang di pergunakan sendiri adalah rangka bertipe diamond dengan bahan rangka pipa baja yang dimana untuk ukuran motor 2195mm x 760mm x 1130mm dan wheelbase sepanjang 1525mm (cukup panjang laa :D)..
Ground Clearance atau jarak mesin dari tanah adalah. Berat kosong motor ini pun jika boleh dikatakan cukup berat di kelasnya yang dimana untuk tipe standar mencapai 211 kg dan untuk tipe ABS dan DCT mendapai 227 kg..
Desain speedomter sendiri adalah full digital dengan bentuk mirip seperti speedomter Honda CBR1000RR Fireblade yang full digital juga.

Honda NC700S_4

Yang unik dari Honda NC 700 Series adalah fungsi tangki di depan yang diubah fungsinya menjadi bagasi yang mampu menyimpan 1 buah helm full face, dan tangki bahan bakar dipindah ke bawah jok dengan ukuran tangki mampu memuat 14,1 Liter bahan bakar. Desain ini sebenarnya tidak lazim untuk motor-motor di Eropa, namun Honda lebih memikirkan kearah fungsional yang selama ini untuk motor sport selalu kesulitan untuk membawa barang kecuali rider tersebut memasang box tambahan. Jadi jangan aneh bila nanti ada orang Indonesia yang memakai motor ini dan mengisi bahan bakar seperti motor bebek yang harus membuka Jok nya terlebih dahulu.. hahahahaha..

Honda NC700S_17

Mesin

Honda NC700S_5

Untuk spesifikasinya sendiri, Honda NC 700 Series di bekali dengan masin Injeksi PGM-FI, 2 silinder paralel, SOHC 8 klep, liquid cooled engine.. Mekanismenya klepnya sendiri mungkin mirip dengan yang digunakan pada Yamaha Jupiter MX, atau Yamaha V-Ixion yang menganut sistem SOHC 4 klep..
Untuk kapasitas mesinnya sendiri adalah 670cc yang dibulatkan menjadi 700cc, dengan perbandingan bore x stroke adalah 73mm x 80mm, yang dimana motor berkarakter memanjakan torsi dibandingkan top speed karena bersifat long stroke.
Kompresi mesinnya sendiri adalah 10,7:1 yang artinya cukup aman bila meminum bahan bakar setara pertamax bila motor ini beredar di Indonesia. Dari konfigurasi mesin yang bersifat long stroke, power yang dihasilkan pun tergolong tidak terlalu tinggi yakni sekitar 45Hp di 6200 rpm, sedangkan untuk torsi yang di hasilkan sudah pasti besar yakni 60Nm yang sudah di dapat dari putaran mesin 4250 rpm dengan ukuran throttle body 36mm..

Honda NC700S_11

Untuk transmisi dari motor ini, Honda menanamkan 2 tipe mode perpindahan transmisi atau yang lebih dikenal dengan DCT (Double Cluth Transmision), yakni AT (Automatic) dan MT (Manual) dengan 6 percepatan yang dimana perpindahan transmisi cukup menekan tombol di panel saklar sebelah kanan atau bisa juga menekan atau mengungkit batang pengungkit transmisi untuk yang Manual Trasmision tanpa perlu menekan handle kopling, karena di bagian kiri motor tidak adalagi handle kopling..
Untuk transmisi akan dibahas di artikel terpisah yah karena cukup panjang untuk dijelaskan.. 😀
Dan konsumsi bahan bakar pun menurut klaim Honda, cukup irit dengan konsumsi 27 km per 1 liter bahan bakar.

Kaki-kaki

Honda NC700S_7

Honda NC 700 S dikawal oleh suspensi tipe teleskopik di depan dengan lebar 41mm dan jarak main travel dari suspensi depan adalah 120mm. Sedangkan untuk suspensi belakang, Honda memasang suspensi Monoshock Pro-Link dengan jarak main travel 120mm.
Untuk sektor pengereman sendiri, Honda cukup percaya dengan hanya memasang 1 disk cakram ukuran 320mm di bagian depan dengan tipe gelombang yang dikawal kaliper rem 2 piston untuk tipe standar dan 3 piston untuk varian ABS DCT..
Sedangkan untuk bagian belakang, Honda memasangkan 1 disk cakram ukuran 240mm bertipe gelombang yang di kawal dengan kaliper rem 1 piston..

Honda NC700 Velg

Untuk velg sendiri, Honda NC 700 S dikawal velg cast aluminium 10 spoke 17 inch yang sama seperti motor sport dengan ukuran velg bagian depan 3.5 inch dan belakang 4,5 inch di balut dengan ban ukuran 120/70 untuk dibagian depan dan 160/60 di bagian belakang..

Last, Honda benar-benar merancang sebuah motor dengan fungsionalitas yang tinggi. Dengan desain yang elegan, Honda membuat sebuah motor tidak hanya menjadi alat transportasi, tetapi juga sebagai sarana memuaskan hasrat mengendara bagai setiap orang.

donnyprabowo

Honda NC 700 DCT

Honda NC700S_16

Honda NC700 Speedometer

Honda NC700S_13

Honda NC700S_14

Honda NC700S_15

2012-Honda-NS700S-04

Iklan

6 tanggapan untuk “Honda NC 700 Series Part I”

  1. @AGK33 : Kalo harga sendiri, di Malaysia negara tetangga kita, Honda NC700S di lepas dengan harga 47.000 Ringgit Malaysia. Kalo di kurs ke Rupiah dengan kurs Ringgit 3.600 rupiah / ringgit, maka sekitar 170 jutaan. Itu belum di tambah pajak PPn BM loo mas bro atau Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah yang kemaren naik antara 75 % – 125 %..
    Yaa 300 jutaan broo..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s